Monday, January 20, 2014

Resensi buku Dokter Juga Manusia


Identitas buku :

Judul : Dokter juga manusia
Pengarang : Dr. Iqbal Muchtar
Ukuran     : 13.5 x 20 cm
Tebal     : 260 halaman
Terbit     : September 2009
Selama ini dokter dianggap sebagai penyelamat jika ada yang sakit. Anggapan bahwa dokter bisa menyembuhkan segala macam penyakit ada pada diri masyarakat. Bahkan ada beberapa pasien yang memiliki dokter langganan sehingga jika bertemu dokter tersebut penyakitnya bisa sembuh.
Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya dokter itu juga manusia biasa seperti saya dan anda ? dokter juga bisa sedih, gembira dan juga bahkan bisa sakit. Buku “Dokter juga manusia” merupakan kumpulan sejumlah tulisan yang membahas berbagai keadaan, kondisi, tantangan, kesulitan, dan perubahan eksistensi yang dialami dokter.
Dalam buku ini juga terdapat beberapa tulisan menyangkut persepsi dan perspektif masyarakat atau pasien dalam memandang dokter dan dunia kesehatan. Dengan memandang dari dua sisi berbeda, buku ini berusaha mengajak pembaca untuk melihat hubungan dokter-pasien dalam framework yang lebih utuh; melihat alasan-alasan dokter melakukan tindakan medis dan keterbatasan-keterbatasan mereka serta melihat hal-hal yang diharapkan masyarakat dari dokter dan dunia kesehatan.
Buku “Dokter juga manusia” merupakan buku yang bisa menjadi gambaran langsung kondisi dokter yang sebenarnya dalam menangani pasien karena buku ini ditulis oleh Dr. Iqbal Muchtar yang telah cukup lama berinteraksi dengan pasien dalam berbagai setting, berusaha menguak dan menjelaskan berbagai alasan yang menyebabkan terjadinya “kesalahpahaman dan kesalahkaprahan” antara dokter dan pasien. Buku ini diharapkan akan membawa Anda untuk melihat suatu horizon yang lain saat mencermati eksistensi dokter dan interaksinya dengan pasien dan masyarakat.

No comments: